Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
humasfh@unja.ac.id
humas@unja.ac.id
Telp.0812-7490-3114
Faksimil. 0741-583111


FASILITAS




Universitas Jambi (Unja) memberikan fasilitas asrama bagi mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI Khususnya laki-laki. Asrama tersebut berada di dalam area kampus Unja Mendalo tepatnya di area belakang. Untuk menuju ke asrama terdapat dua jalan, pertama dapat melalui jalan yang berada di sebelah kanan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kedua melalui jalan yang berada di Fakultas Hukum.

Asrama mahasiswa terdiri dari 4 lantai dengan 96 kamar, 1 kamar dapat dihuni 2 sampai 3 mahasiswa. Fasilitas yang disediakan untuk kamar meliputi ranjang tempat tidur lengkap dengan kasur, bantal, guling, meja belajar dan kursi. Fasilitas diluar kamar seperti kamar mandi, air bersih, dapur umum, area parkir motor, dan penjagaan oleh satuan pengamanan 24 jam. Selain itu juga terdapat tempat ibadah yakni Masjid Jami Assalam masjid terbesar di kampus Unja Mendalo tepatnya disebelah Asrama tersebut. Asrama yang mulai difungsikan sejak September tahun 2015 diharapkan dengan diberikan fasilitas rusunawa ini agar mahasiswa yang mendapat beasiswa bidikmisi dapat berkreasi dan berprestasi.

Untuk keamanan penghuni asrama tidak perlu kawatir, satuan pengaman (Satpam) berjaga 24 jam. Letaknya yang tidak jauh dari tempat ibadah yakni Masjid Jami Assalam masjid terbesar di kampus Unja Mendalo membuat penghuni asrama semakin tenang. Asrama yang mulai difungsikan sejak September tahun 2015 diharapkan dengan diberikan fasilitas rusunawa ini agar mahasiswa yang mendapat beasiswa Bidikmisi dapat berkreasi dan berprestasi.

KOST DI LUAR LINGKUNGAN AREA KAMPUS

Mahasiswa berasal dari luar daerah Jambi yang hendak kuliah di Universitas Jambi (Unja) tidak perlu kawatir dengan kost yang mereka butuhkan. Di lingkungan luar area kampus banyak kost ataupun warga setempat yang menyewakan rumah untuk kontrakan atau asrama dengan harga perkamar  bervariasi mulai dari Rp. 3.000.000 pertahun. sedangkan untuk kontrakan rumah mulai dari harga Rp. 6.000.000 pertahun.

Jaringan Internet

Jaringan internet atau wifi hampir terdapat di setiap gedung Fakultas Hukum. Selain  di Fakultas mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas wifi gratis 24 jam yang disediakan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) di teras depan LPTIK

Fakultas memiliki kantin yang modern dan menyediakan beragam sajian makanan. Bagi mahasiswa yang ingin bersantai setelah makan, dapat juga memanfaatkan sarana wifi yang tersedia di kantin tersebut.

Fakultas Hukum memiliki parkiran yang aman, nyaman sehingga Mahasiswa, Dosen maupun Pegawai di Fakultas bisa menjalankan kegiatan dengan tenang.

Koleksi Perpusatakaan

Di perpustakaan Fakultas Hukum memiliki koleksi Buku, Jurnal Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian yang dihasilkan dilingkungan Fakultas.

Keanggotaan Perpustakaan

Untuk dapat meminjam koleksi buku, diwajibkan terlebih dahulu menjadi anggota perpustakaan. Ada syarat dan kondisi yang harus dipatuhi.

Syarat Untuk Menjadi Anggota Perpustakaan

  1. Mahasiswa Unja
  • Foto warna ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa
  1. Dosen Unja / Pegawai Unja
  • Kartu Kepegawaian atau Kartu Identitas Lain (KTP, SIM, dll)
  • Foto warna ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar
  1. Umum
  • Kartu Identitas Lain (KTP, SIM, dll)
  • Foto warna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar

Keberadaan perpustakaan di Fakultas merupakan indikator dari kemajuan suatu Fakultas tersebut, karena perpustakaan adalah unit yang menyediakan infrastruktur bagi perkembangan keilmuan, buku dan informasi lainnya. Di dalam perpustakaan pusat FH terdapat puluhan ribu judul buku, skripsi, tesis, dan desertasi yang dapat menambah referensi bagi pengunjung.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan pengunjung perpustakaan pusat FH juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang baca yang nyaman dan luas, dan ruang baca bagi skripsi, tesis, dan desertasi bagi mahasiswa yang sedang membutuhkan referensi penelitian. Untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pengunjung selama di dalam, perpustakaan ini juga dilengkapi tempat penitipan barang bagi pengunjung. Ramah dan pelayanan cepat merupakan bentuk pelayanan dari pegawai terhadap pengunjung.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah pengunjung dalam mencari referensi di dunia maya, perpustakaan pusat kampus pinang masak ini juga dilengkapi dengan komputer lengap dengan jaringan wifi. Perangkat komputer itu sendiri merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh perpustakaan dan juga bentuk layanan untuk mempermudah pengunjung dalam memperoleh informasi secara online dan mencari buku – buku online. Dengan fasilitas ini pengunjungpun dapat membaca beberapa katalog online yang dimiliki oleh perpustakaan, mempermudah mencari katalog online.