Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
humasfh@unja.ac.id
humas@unja.ac.id
Telp.0812-7490-3114
Faksimil. 0741-583111

PELATIHAN REVIEWER BAGI PENELITI


JAMBI,- Universitas Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Advanced Knowledge and Skill For Sustainable Growth (AKSI) dan Asian Development Bank (ADB) mengadakan In-house Training Pelatihan Reviewer Internal bagi peneliti di ruang Gaharu 1 Hotel BW Luxury Jambi. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph. D., (4/11).

“Saya menyambut baik In-house training ini mengingat sedini mungkin kita mengantisipasi adanya kemungkinan hal-hal yang tidak bisa kita pertanggung jawabkan dalam pengelolaan dana penelitian ini dengan baik. Saya juga berharap, dengan dana penelitian yang cukup besar, jangan hanya menghasilkan laporan-laporan berupa kertas kerja saja, tetapi hasil penelitian itu bisa ditindaklanjuti dan bisa diterapkan bagi kepentingan masyarakat,” kata Rektor.

Senada dengan Rektor, Proyek Sekretariat AKSI ADB, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D berharap dengan diadakannya kegiatan ini akan makin banyak reviewer yang akan mereview proposal penelitian yang akan lolos nantinya.

“Pelatihan In-house Training ini bekerjasama dengan LMPP. Karena terkait dengan penelitian, maka kita kerjasama dengan LPPM. In house Training ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat reviewer-reviewer kita yang sudah ada dengan jumlah proposal yang cukup banyak. Biasanya, setiap tahun dengan anggaran sampai 27 Milyar itu tidak cukup banyak reviewer yang dapat melakukan seleksi sehingga kita melakukan in-house training untuk memperkuat reviewer yang ada,”ujar Yusrizal.

Yusrizal juga berharap agar para reviewer yang mengikuti kegiatan ini membawa dampak positif pada hasil-hasil seleksi proposal yang nantinya berdaya guna bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
“Kita juga berharap, dengan diadakanya kegiatan ini, makin banyak reviewer yang tersedia untuk mereviewer proposal penelitian. Oleh karena itu, makin berkualitas pula proposal-proposal yang lolos nantinya dalam tahap seleksi ini setiap tahunnya,”terang Yusrizal.

Sebagai informasi, peserta pelatihan berjumlah 60 orang yang terdiri dari Dosen-dosen yang belum mempunyai sertifikat reviewer. Kegiatan ini juga menghadirkan nara sumber yaitu Prof. Dr. Saryono, M.si dari Universitas Riau yang merupakan reviewer berpengalaman tingkat nasional di Ristek Dikti dan juga Prof. Dr. Ir. Siti Nurmasini, M.T.

Prof. Saryono dalam kegiatan tersebut banyak mejelaskan beberapa hal penting salah satunya mengenai delapan tahapan pengelolaan penelitian sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 69 tahun 2016 tentang pengumuman, pengusulan, penyeleksian/penunjukan, penetapan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, penilaian luaran.

Ia menyampaikan materi mengenai alur penelitian dalam kurun waktu tertentu sampai ke penggunaan serta memberi manfaat bagi masyarakat. Sementara itu, Prof. Saryono menjelaskan beberapa panduan kategori dan skema penelitian yang saat ini ada. Beberapa diantaranya seperti kategori penelitian kompetitif nasional, kategori penelitian desentralisasi dan kategori penelitian penugasan.

SILVIA YULIANSARI/AKBAR KURNIA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *