Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
humasfh@unja.ac.id
humas@unja.ac.id
Telp.0812-7490-3114
Faksimil. 0741-583111


TENTANG FAKULTAS


SEJARAH

Pembentukan Fakultas Hukum Universitas Jambi sudah mulai dirintis pendiriannya sejak tahun 1961 oleh para tokoh pendidikan, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah Jambi. Usaha tersebut berhasil secara resmi pada tanggal 01 April 1963 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP No.25 Tahun 1963, Tanggal 23 Maret l963 ditetapkan sebagai sebuah Fakultas. Sejak berdirinya, Fakultas Hukum Universitas Jambi dipimpin oleh seorang Dekan yang bertanggung jawab kepada Rektor. Saat ini, dalam pelaksanaan tugas sehari‑hari Dekan dibantu oleh 3 (tiga) orang Wakil Dekan yaituWakil Dekan bidang Akademik, Kerja Sama dan Teknologi Informasi. Kemudian Wakil Dekan bidang Administrasi Kepegawaian dan Keuangan, dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan.

Sejak berdiri hingga tahun 2014 Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi yakni Prof. H. Z. Ansyori Ahmad, S.H., Prof. H. Idris Djakfar, S.H., Prof. H. Fuad Bafadhal, S.H., Prof. H. Rozali Abdullah, S.H., Muhammad Zaini, S.H., H. Djalaluddin, S.H., Ansorullah, S.H., M.H., Taufik Yahya, S.H., M.H. dan saat ini dipimpin oleh Dr. Helmi, S.H., M.H.

Sebagai Fakultas yang telah berdiri sejak 1963, Fakultas Hukum Universitas Jambi telah dan akan terus berperan melalui aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang hukum yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Melalui lulusan yang berkualitas, alumni Fakultas Hukum telah berperan dalam masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat nasional dan daerah.

VISI DAN MISI

VISI

Mengacu pada visi Universitas Jambi, maka visiFakultas Hukum Universitas Jambi. Visi Fakultas Hukum Universitas Jambi adalah:

Menjadi Fakultas Hukum yang Unggul  dalam Hukum Sumberdaya Alam pada Tahun 2025

MISI

Mewujudkan Fakultas Hukum yang unggul di tingkat Nasional dan Internasional Pada tahun 2025, maka dijabarkan misi sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan hukum berorientasi kearifan lokal, hokum nasional dan perkembangan hukum internasional.

Menyelenggarakan penelitian hukum bidang sumber daya alam yang berkeadilan.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bidang hukum sesuai dengan kebutuhan hukum masyarakat menuju masyarakat yang sadar hukum.

Menyelenggarakan manajemen internal organisasi yang efektif dan efisien.