Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian
Muaro Jambi, Jambi, Indonesia
humasfh@unja.ac.id
humas@unja.ac.id
Telp.0812-7490-3114
Faksimil. 0741-583111

DEKAN FH UNJA ULAS RESTORATIVE JUSTICE DI HADAPAN PENYIDIK

Jambi- Keberadaan pencapaian nilai-nilai keadilan merupakan point yang sangat penting dalam suatu proses hukum, khususnya pada proses hukum pidana. Untuk pencapaian hal tersebut Kepolisian Daerah Jambi (POLDA) Jambi menyelenggarakan Rapar Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Reskrim TA. 2021 bertempat di Yellow Hotel (18/9). Dekan Fakultas Hukum UNJA Dr. Usman, S.H., M.H dalam hal ini diundang sebagai salah satu narasumber pada acara tersebut.

Dalam pemaparannya di hadapan peserta yang merupakan Penyidik di lingkungan Polda Jambi serta Penyidik dari Polres di lingkungan Polda Jambi Usman menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan azas dan Teori Pembuktian, peran pelaku dan penetapan persangkaan Pasal, serta restorative justice di tingkat penyelidikan dan penyidikan. “Di kalangan perguruan tinggi restorative justice sudah lama menjadi bahan diskusi, dan Alhamdulillah saat ini dalam beberapa ketentuan Undang-Undang sudah diimplementasikan” jelas Usman. Restorative Justice pada prinsipnya merupakan aspek baru dalam perkembangan hukum pidana. Restorative Justice pada dasarnya memiliki dasar yang jelas mengingat ini sebagai satu perkembangan dari penafsiran hukum. “Penafsiran hukum diperbolehkan, namun penafsiran analogy tetap tidak boleh dalam hukum pidana” lanjut Usman.

Pada acara ini juga dilaksanakan Tanya jawab dengan peserta dan dalam diskusi tersebut peserta sangat antusias menanggapi materi yang disampaikan. “Pada prinsi[nya Restorative Justice adalah srana untuk mencapai keadilan” tutup Usman. (TIM)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *